Sebelum Memulai Freelance, Baca Ini Dulu

Menjadi freelancer (baik itu lewat oDesk, Elance, Freelancer atau yang lainnya) itu persaingannya sangat ketat. Kita akan berhadapan dengan freelancer dari seluruh dunia, bisa dari Singapura, Filipina, India, Pakistan, Eropa bahkan Amerika. Perlu perjuangan yang gigih agar bisa bertahan dan sukses.

Jika Anda tertarik untuk menjadi freelancer, saya mempunyai beberapa saran yang bisa Anda ikuti.

PERTAMA, menjadi freelancer itu perlu modal. Minimal kita membutuhkan komputer dan akses Internet. Oleh karena itu jika syarat itu tidak terpenuhi, tunda dulu keinginan untuk main-main di oDesk.com. Pikirkan dulu bagaimana cara agar bisa punya komputer dan akses internet.

KEDUA, Anda sebaiknya memulai menjadi freelancer pada saat kondisi keuangan Anda masih stabil. Tekanannya akan sangat besar apabila Anda memulainya saat jadi pengangguran karena Anda akan terbebani agar dapat proyek secepatnya.

Bagaimana kalau saat ini terlanjur jadi pengangguran? Nah, kalau kondisinya seperti itu mungkin tidak ada pilihan lain kecuali berjuang mati-matian.

KETIGA, lengkapi profil Anda di oDesk.com sedetil dan sebagus mungkin. Jika belum lengkap jangan mulai menawar proyek dulu, bakal sia-sia. Calon klien tidak akan melirik freelancer yang profilnya tidak meyakinkan.

KEEMPAT, jangan terlalu berharap bakal segera mendapatkan banyak proyek begitu Anda mulai bekerja sebagai freelancer. Percaya deh, sangat jarang ada freelancer yang langsung dapat proyek pada penawaran pertama. Jadi santai saja, tidak perlu ngoyo. Anggap saja menjadi freelancer itu sekedar hobi dan bukan pekerjaan utama Anda.

KELIMA, jangan lupa berdoa.

Barangkali ada yang mau menambahkan?

Sumber Foto: Flickr.com