Pertimbangan Dalam Memilih Klien di oDesk.com

Apa yang menjadi pertimbangan ketika memutuskan untuk menawar suatu proyek di oDesk.com? Saya yakin setiap freelancer mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Berdasarkan pengalaman yang saya miliki, sedikitnya ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Latar Belakang Klien

Darimana asal klien tersebut? Hal ini harus diperhatikan. Saya sendiri selalu memilih klien yang berasal dari Amerika. Kenapa demikian? Karena saya lihat mereka itu lebih menghargai freelancer dibandingkan klien lainnya.

Selain itu klien dari Amerika banyak juga yang merupakan perwakilan dari perusahaan bukan perorangan. Ini yang menjadi daya tarik sendiri.

2. Feedback

Bagaimana cara mengetahui sifat calon klien? Salah satunya dengan melihat feedback yang dia terima dari freelancer lain yang pernah bekerja sama dengan dia. Kalau penilaiannya baik bolehlah kita pertimbangkan. Tapi kalau jelek, sebaiknya urungkan niat untuk ikut menawar proyek dia meskipun proyek tersebut cukup menarik.

Perhatikan juga bagaimana komentar dan feedback yang diberikan oleh si klien tersebut kepada freelancer. Kalau si klien tersebut sering memberikan penilaian negatif terhadap hasil kerja freelancer atau memberikan komentar jelek, sebaiknya jangan berurusan dengan klien tersebut. Resikonya cukup besar, nanti bisa pusing sendiri!

3. Nilai Proyek

Berapa nilai proyek yang ditawarkan oleh calon klien? Menurut saya ini merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Meskipun begitu penilaian soal layak tidaknya nilai proyek tersebut mungkin masih bisa diperdebatkan karena menyangkut juga dengan lokasi freelancer berada.

Kalau saya pribadi cenderung lebih memilih proyek yang nilainya tinggi. Mengapa demikian? Karena kalau menang kita lebih bersemangat untuk mengerjakan proyek tersebut ketimbang proyek yang nilainya rendah. Namun resikonya kita akan berhadapan dengan freelancer lain yang mempunyai kompetensi di atas rata-rata.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Sumber Foto: Flickr.com