oDesk Team

Bagaimana cara untuk menghitung jumlah jam yang digunakan oleh freelancer untuk menyelesaikan proyek Hourly? Mungkin ini pertanyaan yang akan muncul di pikiran para freelancer yang ingin mencari proyek di oDesk.com.

Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, di oDesk.com ada dua tipe proyek yaitu Fixed Price dan Hourly. Nah, khusus untuk Hourly kita akan dibayar berdasarkan jumlah jam yang digunakan untuk menyelesaikan proyek tersebut dikalikan dengan Hourly Rate kita.

Semakin banyak jam kerjanya otomatis semakin besar penghasilan yang akan kita terima. Meskipun begitu, jangan berpikir kita bisa berbuat curang dengan mengakali jam kerja kita. Mentang-mentang ingin penghasilan besar lantas mengulur-ulur waktu. Tidak segampang itu. Selain itu resikonya cukup besar kalau ketahuan.

Perlu diketahui bahwa selama bekerja ada tool yang selalu mengawasi aktivitas kita, oDesk Team namanya. Tool tersebut akan merekam segala aktivitas kita di komputer dan mengirimkan laporan ke server oDesk.com setiap beberapa menit sekali.

Jadi seandainya kita mencoba memanipulasi waktu atau nyambi aktivitas lain misalnya chatting, Facebook-an, Twitter-an, pasti akan ketahuan. Dan itu bisa merusak citra kita di mata klien. Oleh karena itu sebaiknya selama bekerja jangan nyambi macem-macem, fokus saja dengan apa yang menjadi tugas kita.