oDesk Skill Tests, Solusi Untuk Meyakinkan Calon Klien

Tantangan utama yang harus dihadapi oleh freelancer pemula adalah sulitnya meyakinkan calon klien agar memilihnya sebagai pemenang proyek. Dengan jam kerja yang masih nol dan tanpa feedback sama sekali, bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Solusinya yaitu dengan mengambil oDesk Skill Tests. Kita bisa membuktikan kemampuan yang kita miliki dengan mengikuti beberapa test yang berkaitan dengan bidang yang kita minati.

Berapa macam test yang harus kita ikuti?

Tidak ada batasan untuk itu. Semakin banyak test yang kita ikuti tentunya peluang untuk mendapatkan proyek akan semakin besar, dengan catatan skor dari masing-masing test yang kita ikuti cukup tinggi. Kalau skornya masih di bawah rata-rata sih tidak akan banyak membantu.

Ada ratusan test yang disediakan oleh oDesk.com. Akan tetapi kita tidak perlu mengambil semuanya, 5 sampai 10 saja saya rasa sudah cukup. Usahakan kita lulus dengan skor di atas rata-rata, syukur-syukur bisa masuk 10% terbaik atau bahkan peringkat 1.

oDesk Skill Test terdiri dari 40 soal, semuanya pilihan ganda. Kita hanya diberi waktu sekitar 40 menit untuk menjawab semua soal tersebut. Kelihatannya sangat mudah ya? Tapi hati-hati, banyak jebakannya.

Kita perlu melakukan persiapan secara matang sebelum mengikuti test. Jika tidak, siap-siap saja untuk mengulang berkali-kali agar bisa lulus. Kalau materinya susah, siapkan saja contekan sebelum test.

Sekedar informasi, selain oDesk Readiness Test, jika tidak lulus kita harus menunggu selama 1 bulan untuk bisa mengulang test tersebut. Jika gagal lagi, tunggu 1 bulan lagi, begitu seterusnya sampai bosan, he he he :-)