Merayu Klien Agar Dapat Feedback Bagus

Bagi seorang freelancer, feedback yang bagus merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Mengapa demikian? Karena dengan mempunyai feedback yang bagus akan lebih mudah dalam mendapat proyek baru.

Calon klien akan lebih percaya kepada kita apabila feedback yang kita terima dari klien sebelumnya cukup baik. Apalagi jika kita selalu mendapat bintang 5, tentu mereka akan lebih percaya lagi.

Tak jarang calon klien memberikan persyaratan feedback minimal agar freelancer bisa menawar proyek yang dia miliki. Tentu saja jika seperti ini freelancer baru akan mengalami kesulitan apabila nekat ikut berkompetisi untuk mendapatkan proyek tersebut.

Bagaimana cara untuk mendapatkan feedback yang bagus?

Sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan feedback yang bagus dari klien. Kuncinya hanya satu yaitu berikan kepuasan kepada klien. Jika klien merasa puas dengan hasil kerja kita niscaya mereka akan memberikan feedback yang baik.

Nilai feedback berkisar antara 1 sampai 5 yang ditandai dengan bintang. Jika kita mendapat bintang 5 itu artinya hasil kerja kita cukup bagus dan klien merasa puas. Kurang dari 5 berarti ada kemungkinan klien kecewa dengan hasilnya.

Namun bisa juga klien merasa puas tapi hanya memberikan feedback kurang dari 5, misalnya 4,8 alias tidak maksimal. Nah, bagaimana solusinya agar selalu dapat bintang 5? Disinilah pentingnya membangun komunikasi dengan klien.

Kita tidak perlu gengsi untuk meminta kepada klien agar memberikan bintang 5 serta komentar positif terkait dengan proyek yang kita kerjakan. Biasanya mereka dengan senang hati akan mengabulkan keinginan kita itu. Tentu saja harus dibarengi dengan hasil kerja yang baik pula.

Saya sering mempraktikkan itu. Bahkan nggak tanggung-tanggung, saya pernah meminta klien untuk mengubah feedback yang dia berikan. Saya minta dia untuk memberikan bintang 5 karena sebelumnya feedback yang ia berikan hanya bintang 4. Dan ternyata dia pun tidak keberatan. Sejak saat itu jika kebetulan ada proyek baru dia selalu memberikan bintang 5 tanpa harus diminta lagi.

Bagaimana jika klien tidak mau? Ya, nggak apa-apa. Selama feedback tersebut masih baik dan lebih dari 3 saya rasa tidak masalah.

Sumber Foto: Flickr.com