Mencari Klien Itu Gampang

Bisa dibilang mencari klien di oDesk.com itu gampang-gampang susah. Jumlah proyek yang diposting setiap harinya memang sangat banyak, tapi yang mengincar lebih banyak lagi. Tidak jarang satu proyek diperebutkan oleh puluhan freelancer bahkan bisa lebih. Itulah sebabnya banyak freelancer yang menyerah di tengah jalan.

Saya sering sekali kalah cepat ketika memutuskan untuk menawar suatu proyek. Belum pernah sama sekali saya berada pada urutan pertama, pasti nomor yang kesekian. Padahal saya mengirimkan penawaran tersebut hanya beberapa menit setelah proyek tersebut diposting.

Harus kita akui bahwa kompetisi di oDesk.com memang sangat ketat. Kita akan berhadapan dengan freelancer dari seluruh dunia, bisa dari Filipina, Singapura, India, Pakistan, bahkan Eropa. Yang jelas jumlahnya ribuan.

Kompetitor yang paling berat menurut saya adalah freelancer asal India. Bukan soal kemampuannya, tapi jumlahnya itu yang bikin pening. Mereka itu jumlahnya banyak sekali dan di mana-mana selalu ada. Saya selalu saja ketemu dengan mereka saat menawar suatu proyek. Selain itu mereka cukup berani untuk memasang rate yang rendah.

Namun demikian kita tidak perlu berkecil hati. Percaya saja deh, tidak semua freelancer di oDesk itu kompeten. Banyak diantara mereka yang hanya sekedar coba-coba. Kalau tidak percaya, telusuri saja satu persatu profil dari freelancer-freelancer tersebut. Pasti banyak sekali yang jam terbangnya yang masih nol ataupun tidak memiliki portfolio yang meyakinkan.

Banyak freelancer mengira bahwa dengan memasang rate rendah akan lebih mudah mendapatkan proyek. Praktiknya tidak seperti itu. Bahkan banyak juga yang rate-nya sangat tinggi tapi selalu dapat proyek. Contohnya adalah freelancer dari Rusia. Mereka itu banyak sekali yang memasang rate tinggi, rata-rata di atas 20 USD/jam. Tapi saya lihat dari hasil test yang diikuti sepertinya memang setimpal dengan kemampuan yang mereka miliki.

Intinya adalah kita harus percaya diri. Selama kita yakin bisa mengerjakan proyek tersebut jangan ragu-ragu, langsung sikat saja. Perkara kita dipilih oleh calon klien atau tidak, itu urusan belakangan. Kalau sudah menjadi rejeki kita pasti akan kita dapatkan.