Ketika Si Klien Menghilang

Bekerja dengan klien yang tidak pernah kita temui secara langsung memang tidak mudah.

Saat kita menawar suatu proyek, apa kita tahu bagaimana latar belakang klien tersebut? 99% tidak tahu sama sekali dan mungkin saja kita tidak peduli dengan hal itu. Apakah klien tersebut orang baik atau bukan, pelit atau tidak, suka marah-marah atau tidak, kita tidak tahu sebelumnya.

Kita hanya bisa menebak-nebak bagaimana sifat klien berdasarkan feedback dan komentar freelancer yang pernah bekerja dengan dia sebelumnya. Itupun kalau klien tersebut pernah punya proyek di oDesk.

Sebagai freelancer, kita harus selalu siap dengan kejutan-kejutan yang mungkin saja akan kita hadapi. Bisa kejutan yang menyenangkan tapi bisa juga tidak menyenangkan.

Saya pun pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan ketika berurusan dengan klien di oDesk.com. Tidak tanggung-tanggung, pernah suatu ketika klien saya menghilang selama berhari-hari tanpa memberi kabar sama sekali.

Saya kira dia lupa atau sudah tidak peduli lagi dengan proyeknya di oDesk. Ternyata tidak, akhirnya setelah lama menghilang dia nongol juga. Dia bilang kalau baru pulang dari perjalanan bisnis.

Ya, untung saja dia tidak kabur. Kalau beneran kabur tentu nggak bayaran dong.

Sumber foto: Flickr.com