Jadi MC Dadakan

Apa yang akan Anda lakukan seandainya ada orang meminta tolong kepada Anda untuk menjadi MC secara tiba-tiba? Jujur, saya pernah mengalami kejadian yang tidak terduga seperti itu.

Ceritanya, ketika itu tetangga saya mempunyai hajatan mau menikahkan anaknya. Segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan baik dan kelihatannya acara akan berjalan secara lancar tanpa ada hambatan sama sekali.

Tiba-tiba, pas hari H-nya sang MC acara tersebut yang sudah ditunjuk beberapa hari sebelumnya karena sesuatu hal membatalkannya alias tidak mau datang. Entah kenapa, dia membatalkan janji hanya beberapa jam sebelum acara dimulai. Tentu saja semua orang jadi kelabakan mencari penggantinya.

Saya saat itu sedang santai-santai di rumah bahkan mandi juga belum, tiba-tiba saja dimintai tolong oleh keluarga itu untuk menjadi MC pengganti. Dengan wajah memelas ibu yang punya hajatan itu meminta kesediaan saya. Ingin rasanya saya menolak permintaan itu tapi kasihan juga.

Saya memang sering menjadi MC kalau ada acara di kampung. Tapi kalau untuk resepsi pernikahan sama sekali belum pernah. Apalagi ini persiapannya sangat mepet. Ketika itu saya hanya punya waktu kurang dari 2 jam untuk melakukan persiapan. Bisa Anda bayangkan bagaimana rasanya jadi MC dadakan seperti itu.

Terus terang saja, yang ada di pikiran saya saat itu hanya satu, yaitu kapan acara itu akan berakhir. Ingin rasanya agar acara tersebut cepat-cepat selesai. Sumpah, rasanya lebih mengerikan daripada ujian pendadaran :-)

Itulah sedikit cerita pengalaman pahit yang pernah saya alami. Bisa jadi suatu saat Anda akan mengalami hal yang sama. Jadi tiada salahnya kalau mulai sekarang Anda belajar menjadi MC agar tidak malu-maluin kalau nantinya disuruh jadi MC.

Foto diambil dari Flickr.com