Interview Dengan Calon Klien

Interview merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh freelancer pada waktu mencari proyek di oDesk.com.

Namun demikian tidak semua freelancer beruntung untuk mendapatkan kesempatan melakukan interview dengan calon klien. Perlu diketahui bahwa setiap proyek yang diposting di odesk.com biasanya akan diperebutkan oleh banyak sekali freelancer, bisa puluhan atau bahkan ratusan.

Calon klien kemudian akan menyeleksi tawaran dari para freelancer tersebut. Ada banyak faktor yang akan dia pertimbangkan entah itu berdasarkan cover letter, hourly rate, portfolio, keahlian, pengalaman yang dimiliki dan sebagainya.

Jika ada freelancer yang menarik perhatiannya, calon klien biasanya akan mengirim undangan kepada freelancer tersebut untuk interview. Jangan geer dulu jika mendapat undangan interview dari calon klien karena ada kemungkinan kita bukanlah satu-satunya freelancer yang di-interview oleh calon klien tersebut.

Pada tahap ini kita sebagai freelancer bisa menerima atau menolak undangan tersebut. Jika menerima maka proses seleksi akan terus berjalan. Namun jika menolak maka proses akan berhenti sampai di situ dan kita harus mencari proyek yang lain lagi.

Proses interview di oDesk.com tidak terlalu rumit dan biasanya waktunya pun sangat cepat. Ada beberapa cara yang biasanya dipakai oleh calon klien untuk meng-interview freelancer, yaitu lewat oDesk message, GTalk atau Skype.

Interview lewat oDesk message merupakan cara yang paling aman dan menyenangkan bagi freelancer yang kemampuan bahasa Inggris-nya minim. Mengapa demikian? Karena dengan bertukar pesan lewat oDesk, freelancer punya waktu yang lama untuk memikirkan jawaban apa yang akan diberikan kepada calon klien.

Berbeda halnya kalau calon klien minta interview lewat GTalk atau Skype. Cara ini sangat menegangkan apalagi jika mereka mintanya komunikasi langsung lewat lisan atau video call. Bisa pusing kalau kita tidak punya modal kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris yang mumpuni.

Tetapi tenang saja, voice atau video call sangat jarang digunakan. Cara yang sering digunakan yaitu chatting. Kalaupun calon klien minta video call, kita bisa saja sedikit ngeles dengan berbagai alasan, misalnya koneksi internet jelek atau yang lainnya.

Nah, pada saat interview inilah kita akan dapat kepastian akan di-hire atau tidak.

Foto diambil dari Flickr.com