Gara-gara oDesk Bisa Kerja di Perusahaan Web Desain Luar Negeri

Ada banyak keuntungan dengan menjadi freelancer di oDesk.com. Salah satunya yaitu terbuka kesempatan bekerja di perusahaan luar negeri.

Saya termasuk salah satu freelancer yang beruntung mendapatkan kesempatan tersebut. Ya, gara-gara oDesk saya bisa bekerja sebagai programmer full time di salah satu perusahaan web desain di Amerika Serikat.

Saya bekerja secara remote, artinya saya tetap di rumah, tidak perlu berkantor di perusahaan tersebut. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya kalau saya bisa bekerja di perusahaan luar negeri.

Pada awalnya saya mendapatkan klien dengan durasi kontrak yang cukup panjang. Dia adalah seorang project manager sebuah perusahaan web desain di Amerika Serikat.

Beberapa bulan lamanya saya bekerja dengan dia sampai akhirnya 2 minggu terakhir dia tidak pernah menghubungi saya lagi. Heran juga saya, tumben orang ini nggak nongol-nongol, padahal proyek belum selesai. Ternyata dia sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut.

Tugas dia lalu digantikan oleh project manager yang lain. Dia ini seorang ibu-ibu dan lebih cerewet. Sempat sebel juga dengan dia karena selalu mempermasalahkan hal-hal kecil dan sepele. Meskipun begitu ternyata dia orangnya baik juga. Dia juga yang mempromosikan saya agar masuk ke tim dia sebagai programmer full-time.

Saya awalnya ragu dengan tawaran pekerjaan tersebut. Apa iya mereka serius menawari saya pekerjaan tersebut. Ya, maklumlah saya agak sensitif kalau berkaitan dengan masalah pekerjaan. Di dalam negeri saja nggak laku, masak sih ada perusahaan luar negeri yang menawari pekerjaan, begitu pikir saya.

Banyak sekali pertanyaan yang saya ajukan kepada dia seputar tawaran tersebut. Mulai dari jam kerja, gaji, dan sebagainya.

Singkat kata, saya terima pekerjaan tersebut dan berakhir sudah kontrak saya dengan klien tersebut di oDesk.com.

Saya bekerja sebagai programmer di perusahaan tersebut selama 40+ jam setiap minggunya. Waktu kerjanya hari Senin sampai Jumat, jadi tidak jauh berbeda dengan sistem kerja di Indonesia. Masalah gaji saya tidak perlu menceritakannya, tapi yang jelas jauh lebih tinggi dibandingkan dengan standar gaji di Indonesia.

Saya tergabung dalam sebuah tim yang terdiri dari seorang Project Manager, beberapa programmer serta desainer grafis. Mereka ada yang berasal dari Amerika Serikat, Filipina, dan satu orang programmer dari Indonesia, yaitu saya sendiri.

Di dalam tim tersebut saya paling parah bahasa Inggrisnya. Rasanya lucu sekali kalau pas chatting karena saya selalu mengandalkan Google Translate. Ya, untung saja komunikasinya hanya lewat chatting, kalau tidak, entah apa yang terjadi dengan saya.

Saya sangat salut dengan programmer dari Filipina. Mereka itu kemampuan bahasa Inggrisnya hebat sekali. Di dalam tim saya tersebut ada dua yang berasal dari Filipina dan semuanya cewek.

Pekerjaan yang saya tangani sebagai programmer sangat menyenangkan. Satu-satunya masalah adalah akses Internet yang kadang-kadang menjengkelkan. Sehari-harinya saya hanya mengutak-atik WordPress, jQuery, HTML dan CSS, tidak lebih dari itu. Sama seperti pekerjaan saya sebagai freelancer di oDesk.com.

Jujur harus saya akui bahwa cara kerja di perusahaan tersebut sangat rapi dan terorganisir dengan baik. Kita bisa bekerja dengan nyaman karena pembagian kerjanya cukup jelas dan terdokumentasi. Seorang programmer misalnya, tidak dituntut harus tahu dan bisa segalanya.

Satu lagi yang cukup menyenangkan yaitu saya bisa bekerja secara normal pada siang hari dan berkomunikasi secara langsung dengan tim (yang berasal dari Asia). Sedangkan kalau mau chatting langsung dengan Project Manager-nya harus menunggu tengah malam.

Jadi buat Anda yang saat ini bekerja sebagai freelancer di oDesk.com jangan takut untuk mencari proyek dengan kontrak jangka panjang. Selesaikan proyek yang Anda dapatkan dengan hati gembira dan buatlah klien terkesan dengan hasil kerja Anda. Saya yakin cepat atau lambat keberuntungan akan menghampiri Anda.

Semoga pengalaman saya ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda semua, terutama bagi Anda yang sama-sama mengais rejeki lewat oDesk.com.

Sumber Foto: Flickr.com